Pengembangan dan peningkatan pelayanan dalam setiap usaha adalah keniscayaan dalam menjalan usaha pada umumnya, dan koperasi pada khususnya. Berkesusaian dengan hal tersebut, Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Situbondo mengambil peran terhadap adanya kemajuan bisnis koperasi-koperasi dilingkungan Kabupaten Situbondo dengan mengadakan Pelatihan e-commerce dan aplikasi sistem bisnis bagi koperasi. Dalam kegiatannya, mengundang instruktur yang capable dalam hal terkait. Narasumber yang mengisi kegiatan adalah Bapak Hafiz Rafizal Adnan yang merupakan salah satu Dosen Universitas Indonesia-Jakarta, selain itu juga adalah Baapak Lukman Ekana Putra dari LDP Utama Bhakti Consultan Kabupaten Jember.
Dalam pelaksanaannya, Bapak Hafiz Rafizal Adnan menyampaikan bahwa dengan e-commers dan aplikasi bisnis dalam usaha perkoperasi akan memberikan kemudahan bagi pangsa pasar kedepannya dalam menemukan informasi yang dibutuhkan terkait keinginan dan kebutuhan mereka. lebih lanjut dikatakan “dengan menggunakan aplikasi sistem bisnis akan lebih mngefisiensi biaya operasional dalam setiap pekerjaan atau transaksi dalam usahanya” ujarnya.
Kegiatan Pelatihan yang dilaksanakan bertepatan dengan tanggal 24 sampai dengan 26 November 2021 di Toulipe Meeting Room Hotel Rosali tersebut secara resmi dibuka oleh Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Situbondo yakni Bapak Nugroho, M. Si. Dalam sambutannya beliau menyatakan, “pelatihan ini diharapkan akan merangsang koperasi-koperasi untuk menggunakan basis sistem yang lebih maju sehingga meningkatkan pelayanan bagi masyarakat”.
Senada dengan hal tersebut, Kepala Bidang Pemberdayaan dan Pengembangan Usaha Koperasi, Bapak Suyitno, S. Sos. menyampaikan kegiatan yang dilaksanakan oleh bidangnya adalah bentuk perhatian semata-mata untuk kemudahan dan kebaikan koperasi dalam menjalankan usahanya. “Harapan Kami adalah nantinya 40 orang peserta yang merupakan pengurus koperasi bisa membawa hasil pelatihan ini untuk perkembangan koperasi mereka”, tambahnya.