Wednesday, 30 December 2015 13:16

Penguatan Kelembagaan Petani Tembakau Melalui Pelatihan Agribisnis

Written by 
Rate this item
(0 votes)

Dengan semakin dekatnya pemberlakuan Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) maka Pemerintah Kabupaten Situbondo melalui Dinas Koperasi dan UMKM memandang perlunya memantapkan kembali SDM para pelaku usaha terutama yang sesuai dengan tupoksi Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Situbondo yaitu berkaitan dengan Koperasi utamanya Koperasi Petani Tembakau yang ada di Kabupaten Situbondo.Mengingat keberadaan dari Koperasi Tembakau yang didalamnya menaungi para petani tembakau untuk itu diadakanlah bimtek Penguatan kelembagaan petani tembakau melalui pelatihan agribisnis dimana yang menjadi leading sektornya adalah Bidang Bina Usaha Koperasi kab. Situbondo.

Adapun tujuan serta dasar dari diadakannya kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pola pikir para petani tembakau dalam mengolah hasil usahanya serta bagaimana mereka dapat melihat peluang usaha lainnya terutama pasca masa panen tembakau. Dilain pihak dengan pelatihan ini diharapkan para petani tembakau mendapatkan wawasan baru lagi untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas dari hasil produksi usahanya agar dapat bersaing dengan produk - produk tembakau dari daerah lain. Kegiatan ini dilaksakan sebanyak 3 kali pada bulan november sampai bulan desember yang bertempat di UPT Balai Pelatihan Kerja Kab. Situbondo, dengan nara sumber yaitu Ir. Kristiawan dari CV. KAJEYE FOOD malang, dan Drs. Teguh Mahir S. Dari UPT DIKLAT KOPERASI DAN UMKM PROVINSI JAWA TIMUR.

Dalam paparannya Ir. Kristiawan lebih menitikberatkan pada penyediaan dan ketersediaan dari bahan baku serta produk - produk apa saja yang bisa masuk di perusahaan - perusahaan besar dengan tentunya menyesuaikan kualitas dan mutu daripada bahan baku dan produk - produk yang dihasilkan. sedangkan Drs. Teguh Mahir S menyampaikan betapa pentingnya bagi para petani tembakau dalam mencari terobosan - terobosan baru utamanya bagaiman mereka bisa menciptakan sebuah produk olahan baru yang lain dengan produk yang sudah ada.

 

Read 367 times

Visit the new site http://lbetting.co.uk/ for a ladbrokes review.